-->

Minggu, 15 Maret 2015

Aplikasi Alat Ukur Tekanan

Aplikasi Alat Ukur Tekanan

Alat ukur tekanan memiliki prinsip kerja yang sangat sederhana, namun menjadi dasar dari berbagai instrumentasi pengukuran parameter penting di dunia engineering lainnya. Dan berikut adalah diantaranya :
1. Sensor Tekanan
Jelas sekali bahwa alat ini digunakan untuk mengukur besar tekanan gas atau cairan pada suatu ruang tertentu. Alat ini banyak digunakan pada peralatan penerbangan, instrumentasi cuaca, sistem hidrolik dan pneumatic, boiler, dan lain sebagainya.
Pada industri besar, alat ukur tekanan dihubungkan dengan sebuah transmitter yang akan
mengirimkan nilai tekanan berupa sinyal ke sistem kontrol yang ada. Pressure transmitter ini berfungsi untuk mengubah sinyal mekanis berupa besar tekanan menjadi sinyal listrik berupa Ampere, sistem ini lazim disebut P/I (baca: P to I).
Pressure Transmitter
Penampakan Pressure Transmitter
2. Sensor Altitude
Sensor altitude adalah alat untuk menentukan ketinggian di atas permukaan air laut. Alat ini sangat penting digunakan sebagai sistem navigasi di pesawat terbang, mobil, dan terkadang di sebuah gedung bertingkat sebagai petunjuk untuk para pejalan kaki.
Sensor ketinggian ini sebenarnya menggunakan prinsip Gauge Pressure Sensor (baca ini), yang menggunakan tekanan udara permukaan air laut (1 atm) sebagai titik referensi untuk menentukan ketinggian suatu lokasi. Serta menggunakan hubungan antara tekanan udara dengan ketinggian di suatu tempat.
20120606-114232 AM.jpg
Altitude Sensor
3. Sensor Aliran (Flow Sensing)
Untuk mengukur aliran fluida di dalam sebuah pipa, dapat menggunakan pengembangan dari Pressure Sensor yang digabungkan dengan prinsip venturi effect. Venturi Effect adalah sebuah fenomena yang terjadi pada aliran fluida yang mengalir pada pipa berbentuk venturi, yang mana tekanan fluida pada sisi kecil dan besar venturi ada perbedaan. Perbedaan tekanan (Differential Pressure) yang terjadi akan berubah-ubah sesuai dengan besar aliran fluida yang ada.
Venturi Effect
Venturi Effect
Beda tekanan yang ada ditransmisikan oleh sejenis Differential Pressure Transmitter yang selanjutnya nilainya dikonversikan menggunakan rumusan venturi effect menjadi besar aliran fluida yang terjadi.
4. Alat Ukur Kedalaman (Depth Sensor)
Alat ukur tekanan juga dapat digunakan untuk mengukur kedalam air laut dimana alat tersebut berada. Misal pada penyelam, kapal selam, alat-alat selam, mereka menggunakan alat ini. Prinsip alat ini menggunakan prinsip rumusan berikut:

Dimana P adalah tekanan, ρ adalah massa jenis fluida, g adalah percepatan gravitasi, h adalah ketinggian kolom fluida yang berada tepat di atas alat sensor.


Sumber :
http://artikel-teknologi.com/aplikasi-alat-ukur-tekanan/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar