SIKLUS DIESEL
Prinsip kerja mesin diesel mirip
seperti mesin bensin. Perbedaannya terletak pada langkah awal kompresi alias penekanan
adiabatik (penekanan adiabatik = penekanan yang dilakukan dengan sangat cepat
sehingga kalor alias panas tidak sempat mengalir menuju atau keluar dari
sistem.
Sistem untuk kasus ini adalah silinder). Kalau dalam mesin bensin, yang ditekan adalah campuran udara dan uap bensin, maka dalam mesin diesel yang ditekan hanya udara saja… Penekanan secara adiabatik menyebabkan suhu dan tekanan udara meningkat. Selanjutnya injector alias penyuntik menyemprotkan solar. Karena suhu dan tekanan udara sudah sangat tinggi maka ketika solar disemprotkan ke dalam silinder, si solar langsung terbakar… Tidak perlu pake busi lagi. Perhatikan besarnya tekanan yang ditunjukkan pada diagram di bawah… bandingkan dengan besarnya tekanan yang ditunjukkan pada diagram siklus otto
Sistem untuk kasus ini adalah silinder). Kalau dalam mesin bensin, yang ditekan adalah campuran udara dan uap bensin, maka dalam mesin diesel yang ditekan hanya udara saja… Penekanan secara adiabatik menyebabkan suhu dan tekanan udara meningkat. Selanjutnya injector alias penyuntik menyemprotkan solar. Karena suhu dan tekanan udara sudah sangat tinggi maka ketika solar disemprotkan ke dalam silinder, si solar langsung terbakar… Tidak perlu pake busi lagi. Perhatikan besarnya tekanan yang ditunjukkan pada diagram di bawah… bandingkan dengan besarnya tekanan yang ditunjukkan pada diagram siklus otto
Diagram ini
menunjukkan siklus diesel ideal alias sempurna… Mula-mula udara ditekan secara
adiabatik (a-b), lalu dipanaskan pada tekanan konstan – penyuntik alias
injector menyemprotkan solar dan terjadilah pembakaran (b-c), gas yang terbakar
mengalami pemuaian adiabatik (c-d), pendinginan pada volume konstan – gas yang
terbakar dibuang ke pipa pembuangan dan udara yang baru, masuk ke silinder
(d-a). Selengkapnya bisa dipelajari di dunia perteknik-otomotifan.Gurumuda
hanya memberimu pengetahuan dasar saja.
Dari penjelasan yang bertele-tele di
atas, kita bisa menyimpulkan bahwa setiap mesin kalor pada dasarnya memiliki
zat kerja tertentu. Zat kerja untuk mesin uap adalah air, zat kerja untuk mesin
bensin adalah udara dan uap bensin, zat kerja untuk mesin diesel adalah udara
dan solar. Zat kerja biasanya menyerap kalor pada suhu yang tinggi (QH),
melakukan usaha alias kerja , lalu membuang kalor sisa
pada suhu yang lebih rendah (QL). Karena si energi kekal, maka QH =
W + QL.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar